Senin, 03 Januari 2011

Tingkatkan Kecerdasan, Perlu Budaya Baca

Meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa, perlu ditumbuhkan budaya gemar membaca melalui pengembangan dan pemberdayaan perpustakaan sebagai sumber informasi yang berupa karya tulis, karya cetak, karya rekam, karena perpustakaan berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian informasi dan rekreasi.
‘’Dengan gemar membaca, masyarakat akan menjadi cerdas,’’ ungkap Bupati Kabupaten Pelalawan H Rustam Effendi disele-sela pemberian penghargaan pengunjung Perpustakaan 2010, Rabu (29/12) di Pangkalankerinci.


Ia mengharapkan masyarakat tidak segan-segan mengunjungi perpustakaan di daerahnya, karena menayarakat mempunyai hak yang sama, pertama memperoleh layanan serta memanfaatkan serta mendayagunakan fasilitas perpustakaan.
Kedua mengusulkan keanggotaan dewan perpustakaan. Ketiga, mendidik dan menyelenggarakan perpustakaan.
Kemudian keempat, pengunjung berperan dalam pengawasan dan evaluasi terhadap penyelenggaraan perpustakaan masyarakat di daerah terpencil, terisolir atau terbelakang. Masyarakat yang memiliki cacat fisik, kelainan fisik, keterbelakangan mentel, intelektual sosial berhak memperoleh layanan perpustakaan yang sesuai dengan kemampuan keterbatasan masing-masing.
Dijelaskan bupati, dengan hak yang dimiliki masyrakat, maka masyarakat juga berkewajiban, pertama menjaga dan memelihara kelestarian koleksi perpustakaan, kedua menyimpan, merawat dan melestarikan naskah kuno yang dimiliki dan mendaftarkan ke perpustakaan nasional atau kabupaten. Ketiga menjaga kelestarian dan keselamatan sumber daya pustaka di lingkungan.
Keempat mendukung upaya penyediaan fasilitas pelayanan perpustakaan di lingkungan. Kelima mematuhi seluruh ketentuan dan peraturan dalam memanfaatkan fasilitas perpustakaan. Keenam menjaga ketertiban keamanan dan kenyamanan lingkungan perpustakaan.
Sedangkan kewajiban pemerintah baik provinsi maupun kabupaten/kota, pertama menjamin penyelenggaraan dan pengembangan perpustakaan, ketersediaan layanan perpustakaan secara merata dan menjaman kelangsungan penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar masyarakat. Kedua menggalakkan promosi gemar membaca dengan memanfaatkan perpustakaan.***

Sumber : Riau pos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar